Kamis, 07 Agustus 2008

Senjata Kedua setelah Megane F1

KETIKA Renault Megane F1 hadir November 2006, pabrikan asal Prancis tersebut sudah menyiapkan andalan kedua. Kini senjata itu telah dihadirkan. Namanya Renault Megane R26.R. Ia memiliki susunan organ yang sama, namun bobot keseluruhan bisa dikurangi hingga 123 kg.

Basis Megane R26.R mengacu pada Megane F1. Mesin dan girboks sama. Namun, performa di dalamnya lebih garang. Berbagai bagian dibuat lebih ringan untuk menghadirkan sensasi ekstrem mengemudi. Ketika diuji pada 23 Juni lalu, Megane baru berhasil memecahkan rekor lap di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Waktu tempuhnya 8 menit 17 detik.

Beberapa komponen telah dimodifikasi dan bobotnya dikurangi. Bonnet dari bahan karbon mengurangi beban sebesar 7,5 kg. Kaca belakang berbahan polikarbonat menghemat 5,7 kg. Rangka aluminium dan jok berbahan karbon mengurangi beban terbanyak mencapai 25 kg.

Di dalam, ruang kabin Megane R26.R membawa gaya serupa sektor eksterior. Termasuk, bahan kulit dan suede di lingkar kemudi dan tongkat persneling. Sebagai pengaman, sabuk enam titik milik Sabelt menempel di masing-masing bangku pengemudi. Jok belakang disingkirkan, posisinya disesaki beberapa rollbar yang melintang menahan dampak benturan.

Dengan kecepatan yang dimiliki, suspensi pun mengalami pembenahan. Tujuannya, memberikan daya kendali terbaik dan efisiensi traksi. Megane R26.R memakai rem cakram berukuran 312 mm dengan kaliper empat piston dari Brembo.

Tenaga utama mengandalkan mesin turbo 2.0 seperti milik Megane F1. Daya dorong maksimalnya mencapai 230 hp pada torsi 310 Nm. Dari kondisi diam hingga 100 km per jam ditempuh dalam waktu enam detik.

Megane R26.R dibuat dalam jumlah terbatas di pabrik Alpine Renault di Dieppe, Prancis. Hanya 450 unit yang dibuat dan penjualannya dimulai Oktober mendatang. Hingga saat ini belum tersiar kabar kisaran harga Megane R26.R.

Tidak ada komentar:

http://google.com/analytics